Langsung ke konten utama

E-commerce

E-commerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Kegiatan e-commerce ini merupakan aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berhubungan dengan transaksi komersial, misalnya: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), pemasaran online (online marketing), atau e-pemasaran (e-marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), dll.

Pertanyaan :

1.   Apa saudara pernah melakukan transaksi perdagangan secara elektronik atau e-commerce? Jika pernah, sebutkan transaksi yang pernah saudara lakukan!

2.   Jelaskan mengenai apa saja manfaat dan juga kendala yang dialami dalam melaukan proses perdagangan ataupun transaksi elektronik!


Jawab :

1.  Pernah. Saya pernah melakukan transaksi e-commerce yang merupakan proses jual-beli secara elektronik. Yaitu membeli PlayStation 2 pada saat itu secara elektronik. Melalui salah satu situs online yang menjual berbagai macam barang-barang elektronik lainnya secara online. Saya juga pernah membeli baju secara online melalui situs online yaitu melalui situs jejaring social twitter.Cara melakukan transaksi pembayaran jual-beli secara elektronik pun bermacam-macam. Waktu itu saya melakukan ransaksi pembayaran melalui pengiriman sejumlah uang ke rekening si penjual sesusai dengan harga barang yang ditentukan.

2.  Manfaat dan Kendala :

Manfaat dalam melakukan transaksi e-commerce (jual beli elektronik) bagi produsen:

·         Pelayanan pelanggan yang lebih baik
·         Hubungan dengan pemasok dan masyarakat yang lebih baik
·         Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat
·         Menean biaya barang dan jasa
·         Meningkatkan kepuasan konsumen sepanjang yang menyangkut kecepatan untuk mndapatkan barang yang dibutuhkan dengan kualitas  trebaik sesuai dengan harganya
·         Memperpendek waktu produk cycle
·         Meningkatkan costumer loyality
 

Manfaat bagi konsumen :

·         Mempermudah kita dalam melakukan jual-beli suatu barang tanpa harus melaui proses yang berbeli-belit
·         Lebih efisien
·         Lebih praktis dan simple
·         Mempersingkat waktu dalam proses jual-belinya


Kendala :

Kendala dalam melakukan transaksi e-commerce yaitu :

·         Banyaknya tindak krimininalitas di internet, yang menjadikan berbelanja secara online pun menjadi kurang nyaman karena banyaknya tindak penipuan yang terjadi melalui berbelanja secara online. Sehingga kita harus berhati-hati dalam melakukan transaksi secara online untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
·        
Lamanya pengiriman barang karena suatu kendala cuaca, sehingga kadang barang yang dibeli tidak sampai tepat waktu seperti yang sudah dijanjikan oleh produsen barang tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Timbal Balik Antara Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja & Fungsi Satuan Organisasi dan Metode

Minggu ke 3 & 4 :  A. Hubungan Timbal Balik Antara Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, di samping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk : a. Menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber daya dan waktu yang tersedia b. Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan c. Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat. Jadi hubungan antara manajemen, organisasi dan tata kerja dapat dilukiskanseperti di bawah ini. a. Manajemen : proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia; b. Organisasi : ala

PERANAN PERBANKAN DI ERA AFTA ASEAN

I. PENDAHULUAN Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja. Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi. Perbankan sendiri merupakan perantara keuangan dari dua pihak, yakni : pihak yang kelebihan dana dan pihak yang kekurangan dana. Hal tersebut tercermin pada UU RI no.10 tahun 1998 tanggal 10 november 1998 yang menjelaskan mengenai perbankan. Menurut UU RI no. 10 tahun 1998 yang maksud dengan BANK adalah “badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan dana dari. Penciptaan uang. Uang diciptkan bank umum adalah uang giral, yaitu alat pembayaran lewat mekanisme pemindahan bukuan. Kemampuan bank umum menciptkan uang giral memyebabkan posisi dan fungsinya. Bank sentral dapat mengurangi atau menambah

NEGARA DAN WARGA NEGARA

NEGARA Negara adalah suatu daerah atau wilayah yang ada di permukaan bumi yang didalamnya terdapat suatu pemerintahan yang mengatur ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan keamanan, dan lain sebagainya. Di dalam suatu negara minimal terdapat unsur-unsur negara seperti  rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat serta pengakuan dari negara lain . Selain pengertian tersebut. Adapun pengertian-pengertia negara bedasarkan pendapat beberapa ahli, diantaranya adalah: ·          Roger F. Soltau: Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat. ·          Georg Jellinek: Negara merupakan organisasi kekuasaan dari kelompok manusia yang telah berdiam di suatu wilayah tertentu. ·          Prof. R. Djokosoetono: Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama. ·          Prof. Mr. Soenarko: Negara ialah organisasi manyarakat yang mempunyai daerah tertentu,